Reksamedia

CARI MOBIL
: :
: :
:
:

ARTIKEL

Trik Cerdas Membeli Mobil Bekas

Jul 30, 2013

Trik Cerdas Membeli Mobil Bekas

Di jaman sekarang ini, dengan Harga Mobil Bekas yang lebih terjangkau daripada Harga Mobil Baru, menjadikan tidak sedikit orang yang lebih berminat mencari mobil bekas ketimbang yang baru untuk dikendarai. Selain harga yang lebih terjangkau, asalkan cerdas dalam membeli, performa mobil bekas yang dibeli juga terkadang tidak jauh berbeda dengan yang baru. Berikut adalah trik-trik cerdas saat membeli mobil bekas :

1. Periksa latar belakang mobil bekas yang ingin dibeli. Cari tahu apa alasan penjual menjual mobilnya. Mungkin alasan penjual memutuskan menjual mobilnya karena pernah terjadi kecelakaan. Untuk mengetahui latar belakang mobil Otofriends dapat mengamati keadaan body mobil. Jika mobil memang pernah mengalami kecelakaan tentu akan ada dempulan-dempulan pada body mobil.

Secara sederhana, kerusakan mesin mobil dapat dideteksi dengan melihat warna asap knalpot, asap yang berwarna hitam menandakan mesin berada dalam keadaan kurang baik. Pastikan juga tidak ada bekas las, karat maupun cacat. Jangan ketinggalan memeriksa kaki-kaki mobil - Caranya dengan menekan mobil ke bawah - jika mobil tidak kembali ke posisi awal, maka bisa dipastikan shock absorber-nya rusak. Selain itu, Otofriends juga dapat melihat kartu perawatan mobil tersebut. Terakhir, jangan segan meminta yang ahli untuk memeriksa keadaan mobil bekas yang ingin dibeli. Hal ini bertujuan untuk memperoleh informasi mendetail tentang keadaan mesin mobil.

2. Lakukan test drive di berbagai kondisi jalan yang berbeda. Hal ini untuk mengetahui tenaga mobil bekas masih prima atau tidak.

3. Pastikan semua surat-surat mobil lengkap. Ada baiknya juga mengecek keabsahan surat-surat mobil bekas yang ingin dibeli ke pihak berwajib, misalnya STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan BPKB (Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor) diperiksa ke bagian tata usaha Samsat. Selain itu, mintalah informasi lengkap tentang penjual mobil dan pastikan bahwa informasi tersebut benar adanya sehingga Otofriends tidak mengalami kesulitan jika masih terdapat urusan yang belum selesai dengan penjual.

4.  Jangan terlalu tergesa-gesa membuat keputusan pembelian mobil bekas. Carilah informasi yang lebih detail lagi megenai mobil bekas yang ingin dibeli. Minta pula saran dari orang-orang terdekat dan terpercaya. Setelah benar-benar yakin, baru buat keputusan pembelian.

Demikianlah trik yang dapat diterapkan jika ingin memilih dan membeli mobil bekas. Semoga bermanfaat bagi Otofriends.

Source: YP/TA Otopedia.com




comments powered by Disqus

 
Log In

Lupa Password



artikel_reksamediaartikel Integritasartikel_ariamediaPitstop